Rabu, 18 Juli 2012

BAB IV . PENUTUP

BAB IV PENUTUP 1.1 Kesimpulan Selama melakukan kegiatan Event End of The Year Exhibition “Reflecting The Inner Selfhood” selama 3 hari dari tanggal 19 – 21 Juni 2012 di Atrium Mall Matos lantai 2, penulis bertugas dan bertanggung jawab menjadi divisi acara dan publikasi (sponsorship), maka dapat disimpulkan bahwa : 1. Event End of The Year Exhibition “Reflecting The Inner Selfhood” ini merupakan event yang diselenggarakan oleh Event Organizer “ISADORE Konsultant” yang terdiri dari 7 mahasiswi Vokasi dari jurusan Public Relations angkatan 2009. 2. Acara ini merupakan ajang kreasi dan promosi dari beberapa jurusan seperti (Public Relations, Desain Grafis, Broadcasting, MIBM dan Bahasa Inggris ) dalam memamerkan karya kreasi mereka selama ini beserta promosi 9 jurusan lainnya yang ada di Vokasi Universitas Brawijaya. 3. Acara Event End of The Year Exhibition ini bisa berlangsung dengan baik, lancar dan sesuai dengan rencana meskipun sempat berganti hari dari rencana awal. 4. Untuk pengisi acara dari MC, Live musik akustik, perform art, fashion show dan stand up comedy berjalan lancar dan sesuai dengan rundown yang sudah direncanakan, begitu juga dengan pemutaran film, company profile dan hasil karya dari beberapa jurusan yang ada di Vokasi Universitas Brawijaya. 5. Untuk pihak sponsorship seperti (IPRI, Siluet Agency dan Salon House of Harist ) sudah sesuai dengan hak dan kewajiban yang telah disepakati bersama. 6. Untuk kendala masalah teknis pada saat acara pun seperti mixer yang mati dihari ketiga, mic yang putus-putus, alat musik gitar tidak tersedia dan panitia acara yang hanya bertujuh orang semua itu bisa diatasi dengan kerja sama tim panitia ISADORE Konsultant. 7. Penulis menggunakan Teori Management Acara dan Teknik Loby & Negosiasi dalam kajian teori untuk menyusun laporan tugas akhir ini dikarenakan tugas dan tanggung jawab penulis dalam acara ini adalah sebagai divisi acara dan publikasi (sponsorship). 1.2 Saran Dari penjelasan pada bab-bab sebelumnya, penulis menyarankan beberapa hal yang diharapkan dapat membantu pihak pembaca agar dapat meningkatkan kualitas dan kinerja dari sebuah Tim Kerja dalam memanajemen sebuah acara di kegiatan yang akan datang, yaitu : 1. Jika memang dalam sebuah organisasi itu hanya beranggotakan beberapa orang saja, dari mulai perencanaan awal sudah harus dipastikan siapa dan apa tugas dari masing-masing panitia sehingga tidak double jobdesk, kalaupun memang diharuskan double jobdesk tentukan apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab dari setiap panitia agar pada saat pra hingga pasca acara dapat konsekuen dengan tanggung jawabnya masing - masing. 2. Setiap pengisi acara harus sudah difollow up dan dipastikan paling tidak 3 hari sebelum hari H, agar rundown yang sudah direncanakan tidak terbengkalai. 3. Untuk mengantisipasi pengisi acara yang tidak berkenan, setidaknya Sie Acara sudah memiliki beberapa alternatif lain untuk menggantikan pengisi acara tersebut. 4. Kerja sama tim dan sikap saling mengerti sangat diperlukan disini, karena demi maksud dan tujuan yang sama sehingga perlu adanya kekuatan tim yang solid. Demikian Tugas Akhir dengan judul Penerapan Management Acara dan Teknik Loby & Negosiasi dalam Event End of The Year Exhibition khususnya pada Divisi Acara dan Publikasi (Sponsorship) ini dibuat sebagai referensi dan masukan bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar