Rabu, 18 Juli 2012

Tugas Akhir Event End of The Year Exhibition

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Program Pendidikan Vokasi merupakan suatu jenis pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian tertentu. Pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar pendidikan vokasi lebih didominasi kegiatan praktik. Oleh karena itu, diharapkan mahasiswa dapat menggali potensi diri yang telah ada dalam dirinya masing-masing. Namun demikian, potensi diri tidak serta merta dapat langsung untuk dimanfaatkan, melainkan harus digali, diasah dan ditingkatkan setiap saat sehingga potensi diri dapat bermanfaat. Sebuah perusahaan atau intansi akan mudah diingat oleh masyarakat karena image yang baik. Pembentukan image suatu perusahaan atau organisasi tidak lepas dari peranan seorang public relations. Peran dan fungsi seorang public relations diantaranya sebagai komunikator, fasilitator, mediator dan pembangun citra lembaga baik yang bersifat komersial (perusahaan) maupun lembaga yang nonkomersial seperti yayasan, lembaga pendidikan sampai lembaga pemerintahan. Proses public relations memperlihatkan dengan jelas pelaksanaan tugas public relations bukan semata – mata melakukan aksi, melainkan rencana – rencana dan diikuti langkah – angkah pengendalian melalui proses evaluasi. Pembentukan image secara tidak langsung bisa tercipta melalui identitas perusahaan (corporate identity) seperti nama perusahaan, terlebih perusahaan tersebut memiliki logo atau lambang yang mudah diingat. Oleh karena itu, dalam pembentukan image melalui corporate identity harus memiliki desain yang unik dan kreatif . Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar baik dua atau tiga dimensi untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metode merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan. Program Pendidikan Vokasi yang belum dikenal kini hadir ditengah-tengah masyarakat dengan menunjukkan hasil karya mereka melalui sebuah pameran yang menjelaskan maksud dan tujuan Program Pendidikan Vokasi. Melalui kegiatan End of The Year Exhibition yang merupakan hasil karya mahasiswa di akhir tahun perkuliahan, Program Vokasi Universitas Brawijaya Malang bermaksud mengadakan pameran dengan tema “Reflecting the Inner Selfhood”. Sebagai realisasi pengapresiasian hasil karya cipta, rasa, dan karsa insan seni. Pada Event End of The Year Exhibition “Reflecting the Inner Selfhood” ini penulis menerapkan teori Management Acara dan Teknik Loby & Negosiasi kedalam pengaplikasian divisi acara dan publikasi (sponsorship) yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Teori management acara yang merupakan dasar bagaimana cara penulis mengatur dan bertanggung jawab, dari pra acara hingga pasca acara. Sedangkan mengenai teknik loby dan negosiasi merupakan dasar bagaimana penulis mampu bernegosiasi dan menghadapi orang – orang baru dengan kondisi yang berbeda. 1.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas, maka dalam penulisan ini dirumuskan masalah, di antaranya adalah sebagai berikut : 1. Bagaimana peran divisi acara dalam memanagement acara Event End of The Year Exhibition ? 2. Bagaimana peran divisi publikasi (sponsorship) dalam menerapkan teori loby dan negosiasi ? 3. Apa saja kendala yang dihadapi divisi acara dan publikasi dalam memanagement acara serta menerapkan teknik loby & negosiasi pada Event End of The Year Exhibition ? 1.3 Tujuan Penulisan Tujuan penulisan tugas akhir adalah sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui peran divisi acara dalam memanagement acara Event End of The Year Exhibition. 2. Untuk mengetahui peran divisi publikasi (sponsorship) dalam menerapkan teori loby dan negosiasi. 3. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi divisi acara dan publikasi (sponsorship) dalam memanagement acara dan menerapkan teori loby & negosiasi pada Event End of The Year Exhibtion. 1.4 Manfaat Penulisan Manfaat penulisan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut : 1. Untuk Penulis Sebagai persyaratan dalam menyelesaikan program 3 tahun jurusan Public Relations di Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya 2. Untuk Civitas Akademika Sebagai bahan acuan tentang penulisan tugas akhir yang berhubungan dengan teknik management acara dan teknik loby & negosiasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar